Aug 15, 2010

Selamat jalan ya pak :')

Kemarin malem pas gue lagi enak-enaknya nonton cinta fitri, gue dapet sms dari temen SMP gue. Ketika gue mau buka smsnya, perasaan gue udah ga enak banget, soalnya ada kata-kata innalilahi wa innaihiroji'un. Bener kan, ternyata itu sms buat ngasih tau kalo guru SMP gue meninggal dunia. Sumpah gue beneran kaget sekaget-kagetnya orang kaget. Mau nangis juga gimana, padahal baru seminggu kemarin guru SMP gue ada yang meninggal juga. Guru gue yang ini, bisa dibilang unik dan gue punya suatu kenangan ketika sedang diajar sama beliau didalam kelas.

Guru gue itu namanya Pak Suratim. Pas lagi ngajar gue, beliau emang udah tua udah lama juga ngajar di SMPN 1 Depok *tempat SMP gue*. Beliau dikenal sebagai guru yang galak dalam mengajar dan disiplin. Gue jadi inget sama wejangan kakak kelas gue dulu, kakak kelas gue dulu bilang begini sebelum gue naik kelas 9,

"Ca, lo naik kelas 9 kan ya ? Wah, hati-hati lo jangan sampe deh dapet Pak Atim. Tuh guru galak banget, mana kalo ngehukum muridnya suka aneh-aneh lha. Gue pernah dihukum sama dia, masa gue disuruh ngomong sama daun terus temen gue juga pernah dihukum sama dia eh disuruh ngomong sama tembok. Sedeng emang !"

Gue yang denger itu jadi rada ngeri ngadepin kelas 9, takut kalo ketemu sama Pak Atim. Selama liburan kenaikan kelas gue selalu berdoa semoga gak diajar sama Pak Atim tapi Allah berkehendak lain, gue diajar sama beliau dan beliau mengajar matematika. Setelah tau beliau mengajar matematika, gue pingin banget loncat langsung ke SMA.

Dimulailah hari-hari gue di kelas 9 penuh dengan rasa takut ketika menghadapi pelajaran matematika. Gue inget banget, pelajaran matematika gue seminggu 2x setiap hari selasa sama kamis. Kalo selasa jam pelajaran pertama dan kalo kamis pelajaran ke 3. Setiap hari selasa, temen-temen gue khususnya cowok pada cabut pelajarab dia, alesannya simpel karena males ketemu sama Encang Atim *panggilan anak-anak kelas 9 ke beliau*. Gue mengaku beliau kalau ngajar kayak ngomong sendiri dipapan tulis jarang berinteraksi sama murid-muridnya dan gue selalu ngerasa bersyukur dengan cara beliau mengajar, gue jadi bisa santai dan ga merhatiin beliau. Hihihihihi, jahat banget ya gue ?

Pernah nih, disuatu pagi dihari selasa, temen-temen gue berdoa sebelum bel masuk. Gue heran kenapa sebelum masuk kelas pada serius berdoa gitu *tumben banget gitu* dan setelah berdoa gue baru tau kalo ternyata kelas sebelah dikasih ulangan mendadak sama Pak Atim. Gue yang denger itu langsung keringet dingin dan berdoa sendiri yang lebih khusyuk minta keajaiban biar ga jadi ulangan soalnya gue belum belajar sama sekali *emang dasarnya males belajar matematika, hehe :p*. Temen gue si Tommy malah doain semoga ban motornya Pak Atim bocor dijalan jadinya nambel dulu biar lama dan semuanya mengaminin. Well, keberuntungan menghampiri gue dan temen sekelas, hari itu Pak Atim dateng telat *dateng sejam sebelum bel ganti pelajaran* dan kita semua ga jadi ulangan. Alhamdulilah..

Selama gue diajarin sama Pak Atim, gue selalu bersyukur karena gue selalu dapet duduk paling belakang jadi gue jarang ditunjuk sama beliau buat maju kedepan untuk menjawab pertanyaan beliau. Padahal temen gue banyak banget lho yang dapet hukuman dari beliau. Nah suatu hari, perasaan gue entah kenapa lagi pingin banget duduk didepan ceritanya sih pingin serius belajar matematika, yaudah gue tukeran tempat duduk deh sama temen gue. Satu jam pertama telah terleawti dengan mudah belajar matematika tapi ketika 30 menit sebelum bel istirahat gue iseng ngeliatin Pak Atim dan tiba-tiba gue langsung maju kedepan suruh ngejelasin. Ya Allah Rabbi, gue pingin banget deh tiba-tiba pingsan jadi ga bisa ngejelasin didepan, sumpah demi apapun gue masih ga ngerti soal pelajaran matematika. Udah keringet ngocor segede-gede jagung lagi, saat itu gue hanya pasrah dan terjadilah percakapan gue sama beliau..

Pak Atim : "Tolong kamu jelaskan tentang balok ini, bagaimana titik temu sudutnya, bagaimana cara menghitung sudutnya blablabla.."
Gue : (masih diam tak berdaya) "Su..sudut ini ketemu ini paaak." (Asal nunjuk aja)
Pak Atim : "Lho, kamu salah ini. Tadi kamu merhatiin saya tidak ?"
Gue : "Merhatiin pak bener deh tapi saya masih ga ngerti pak." (sambil cengengesan)
Pak Atim : "Gak merhatiin kok malah senyum-senyum ? Yaudah berdiri disana ngomong sama papan tulis !"
Gue : "Lhaaaaaaa, mending gue ngomong sama papan tulis dah." (dalam hati ngomongnya hehe)

Pas gue lagi didepan dan disuruh ngobrol sama papan tulis, gue selalu nengok ke temen-temen sekelas. Mereka semua cuma bisa senyum-senyum dan mengelus dada bilang sabaaaaaar caaa.
Yaudah, gue senyum-senyum deh pas dibilang begitu eh pas lagi senyum-senyum gue ketauan dan Pak Atim bilang "Hee, saya liatin kamu senyum-senyum mulu ? Kamu gila ?" Hayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah, kenapa gue bisa dibilang gila ? Padahal kan kalo gue senyum gue cantik, hehe :p

Untungnya bel istirahat segera berbunyi dan gue langsung menghela napas panjang. Gue liat di depan pintu, temen gue yang beda kelas langsung pada melototin kenapa gue bisa didepan gitu dan ketika gue mau jelasin Pak Atim langsung nyuruh gue istirahat dan suruh lebih serius lagi belajar lagi. Pas dibilang begitu, gue langsung jawab dengan semangat, "IYA PAK !!". Sumpah, itu pengalaman yang ga bakal gue lupain, untuk pertama dan terakhir kalinya gue disuruh kedepan dan disuruh ngomong sama tembok. hehe :)

Tetapi sekarang Pak Atim udah dipanggil sama yang Maha Kuasa, kemarin malem. Gue juga gak tau kenapa meninggalnya mungkin sakit. Pas gue lulus dari situ, Pak Atim juga pensiun. Berarti kan emang udah tua banget ya ? Padahal gue selalu inget kejadian disaat gue ngomong sama tembok.

Semoga arwah beliau diterima disisiNya, diringankan siksa kuburnya, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Amin Ya Allah :')
Selamat jalan Pak Suratim, semua jasamu tidak akan pernah aku lupakan...

No comments:

Post a Comment